Perut Buncit Ternyata Berisiko Tinggi Ancam Kesehatan
Sumber: Shutterstock

Serba-Serbi Sehat / 17 July 2013

Kalangan Sendiri

Perut Buncit Ternyata Berisiko Tinggi Ancam Kesehatan

Lori Official Writer
5129

Bagi pria dan wanita, permasalahan bertambahnya lingkar perut (perut buncit) tentunya akan menjadi faktor permasalahan baru terhadap penampilan. Tentunya tubuh tidak lagi tampak ideal dan proporsional.

Menurut Ralph Girson, SpPD dari RS Royal Progress, metode pengukuran lingkar perut penting dilakukan untuk dapat mendiagnosa resiko obesitas dan komplikasi metabolik dari jaringan lemak yang tertimbun di perut. Ukuran ideal lingkar perut oleh WHO (Asia Pasifik), untuk laki-laki adalah 90 cm sedangkan wanita adalah 80 cm.

Penyebab utama pertambahan lingkar perut (perut buncit) Anda terjadi oleh beberapa faktor, meliputi kebiasaan hidup, usia, gen, alkohol, hormon dan lemak perut.

Sedang bagi kesehatan, perut buncit berisiko tinggi menyebabkan  penyakit berikut:

Penurunan Fungsi Paru-paru

Tim peneliti dari Finlandia menyatakan bahwa perut buncit berisiko pada penurunan volume dan fungsi paru-paru dengan penyempitan rongga pernapasan hingga mengakibatkan penyakit asma atau sesak napas.

Rusaknya Pembuluh Arteri

Lemak yang menumpuk dibagian perut menimbulkan kekakuan pada pembuluh arteri. Peningkatannya dalam setiap 0.1rasio lemak berisiko tinggi terhadap kerusakan arteri yang dapat memicu penyakit jantung dan stroke.

Rusaknya Sistem Metabolisme

Produksi hormon akan terhambat bila terjadi penumpukan lemak dibagian perut sehingga berdampak juga dengan terhambatnya kerja sistem metabolisme. Bila sistem metabolisme rusak, maka ancaman diabetes akan terjadi.

Penyakit Demensia dan Alzheimer

Peningkatan jumlah lemak di perut menimbulkan risiko penurunan volume otak yang lama kelamaan akan berujung pada serangan penyakit demensia atau Alzheimer.

Kolesterol Tinggi

Lemak yang tertimbun pada bagian perut akan berubah menjadi asam lemak dan kemudian menjadi kolesterol buruk. Kondisi ini menimbulkan resiko tinggi terhadap serangan penyakit jantung, tekanan darah tinggi atau stroke.

Bila Anda merasa mengalami kondisi ini, mulailah hidup sehat dengan berolahraga secara teratur dan perbaiki gaya hidup Anda.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Ibu Hamil Alami Resiko Varises Lebih Tinggi

Ini Dia Mereka Yang Beresiko Menderita Varises

Awas, Masturbasi Dapat Merusak Fisik dan Mental Anda!

Jika Wanita Alami Menopause, Pria Alami Andropause

Indonesia Patut Berterimakasih Kepada Anda!

Sumber : Kompas Female | Merdeka | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami